UBpreneur

Universitas Bakrie Menjadi Tuan Rumah pada Acara Workshop Kewirausahaan Bekerjasama dengan Wadhwani Foundation dan NEN Indonesia

Jakarta (3/10)-Universitas Bakrie melalui inkubator bisnis (UBPreneur) menyelenggarakan workshop kewirausahaan bekerjasama dengan Wadhwani Foundation dan NEN Indonesia yang berlangsung dari tanggal 29 September 2015  dan tanggal 1-3 Oktober 2015 di R. 1 dan 2 Universitas Bakrie.

Rangkaian acara workshop kewirausahaan tersebut melibatkan peserta dari perwakilan mahasiswa/I dan dosen se-DKI, Wadhwani Foundation dari India masuk ke Indonesia untuk mengembangkan Nasional Enterpreneurship Network- Indonesia (NEN) berbasis universitas di negeri ini. Di Indonesia NEN  menyiapkan strategi yang sistematik dan terstruktur untuk membangun ekosistem kewirausahaan di Indonesia dan bersama universitas-universitas di negeri ini akan mensinergikan jejaring dan sumberdaya yang dimiliki masing-masing untuk mempromosikan kewirausahaan dan inovasi dikalangan akademik dan professional.

Seperti diketahui Wadhwani Foundation telah mencetak sukses dalam membangun ekosistem  kewirausahaan berbasis universitas di India serta memiliki  himpunan pengetahuan dan pengalaman yang tersebar dikalangan akademisi, mentor bisnis, investor dan organisasi-organisasi pendukung lainnya. Program ini aktif di India selama 10 tahun, fokusnya menciptakan lapangan kerja,wirausahawan muda di kalangan mahasiswa sebagaimana dijelaskan oleh Millian Ikhsan, International Program Consultant-Entrepreneurship NEN yang menjadi narasumber di hari pertama dengan workshop bertajuk     “E-Cell Meeting”. 

Wadhwani Foundation didirikan oleh Dr. Romesh Wadhwani bertujuan untuk ikut membantu percepatan ekonomi di Negara berkembang melalui penciptaan lapangan kerja secara besar-besaran dan meningkatkan kompetensi berwira usaha. Tahun 2003 Wadhwani Foundation mendirikan NEN dan saat ini telah berhasil membangun jejaring 600 perguruan tinggi, 4000 orang mentor bisnis dan 3,200 dosen di India yang secara terus menerus menginspirasi, mendidik dan membina para wirausahawan baru dan berbasis pemula.

Sementara di hari kedua workshop yaitu Entrepreneurship Educator Training (All About Starting Up) dengan pembicara Raj Shankar yang merupakan networking dari NEN yang didatangkan jauh-jauh dari India ini adalah seorang konsultan, entrepreneur, author, educator dengan spesialisasi di bidang entrepreneurship dan strategi. Raj saat ini menjalankan Ichiban Business Consultants, India, untuk membantu pengembangan entrepreneurship kepada Aspiring Entrepreneurs, Start-up dan SME, dengan fokus pada frame works dan techniques.

Raj berharap  melalui pengalaman  dan teknologi  pengembangan kewirausahaan yang dimiliki dapat memberikan inspirasi sehingga membantu mempercepat perkembangan kewirausahawan baru yang mendukung  berbagai potensi inovasi kewirausahaan Indonesia, untuk tahap awal ini kemitraan NEN telah memilih universitas di Indonesia untuk bekerja sama dan terlibat dalam pengembangan kewirausahaan ini, salah satunya Universitas Bakrie.

Melalui kerjasama ini Raj berharap para akademisi dapat belajar dari pengalaman NEN dalam mengkosolidasikan  seluruh upayanya, untuk dapat membangun ekosistim yang hidup dan bergairah , yang tidak saja penting  bagi kewirausahaan di Indonesia, tapi juga akan membantu perkembangan bisnis dan perekonomian jangka panjang.