UBpreneur

Movie-A Global Passion Celebration Innovation and Creating in Film

Peringatan Hari Kekayaan Intelektual sedunia ke-14 yang jatuh pada tanggal 26 April 2014 merupakan kegiatan penting yang dilakukan oleh setiap negara anggota WIPO (World Intellectual Property Organization). 

 

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan hari Kekayaan Intelektual dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan Paten, Hak Cipta, Merek dan Desain Industri yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari; meningkatkan pemahaman perlindungan HKI yang akan mempromosikan kreatifitas dan inovasi; melindungi kreatifitas dan kontribusi yang dihasilkan oleh kreator dan inovator untuk perkembangan masyarakat di seluruh dunia; dan mendorong penghormatan/penghargaan hak-hak Kekayaan Intelektual milik orang lain, sejalan dengan tema yang diusung oleh WIPO yaitu“Movie-A Global Passion Celebration Innovation and Creating in film” dan tema nasional “Saatnya Melindungi Hak Cipta Personal dan Ekspresi Budaya Tradisional

 

Maraknya pembajakan di Indonesia sangat meresahkan dan sangat diperlukan adanya tindakan tegas dan kerja keras untuk memberantasnya. Kementrian Hukum & HAM yang menaungi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) membangun komitmen pemberantasan pembajakan serta mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut serta menghargai karya cipta. Setiap tahunnya, Badan HAKI menunjuk seorang public figure/ insan music Indonesia sebagai dutanya, yang bertugas menjalankan kampanye membangun kesadaran akan pentingnya menghargai hak kekayaan intelektual. Di tahun 2014,HAKI mempercayakan Afgan sebagai dutanya. Senin, 5 Mei 2014, bertempat di Ballroom Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta. Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi menobatkan penyanyi, Afgan Syahreza sebagai duta HKI 2014 dalam perayaan puncak Hari Kekayaan Intelektual se-dunia ke-14 di Jakarta, Senin(5/5).