UBpreneur

“SMESCO GOES TO CAMPUS” PENGEMBANGAN AKSES PASAR MELALUI PUSAT PERBELANJAAN DAN DUNIA PENDIDIKAN DAN PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN (MoU) ANTARA LLP – KUKM DENGAN PERGURUAN TINGGI

Pada tanggal 5 Maret 2014 diselenggarakan event “SMESCO GOES TO CAMPUS” di Gedung SME Tower yang terletak di Jl. Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta Selatan. Event ini dihadiri oleh tujuh Perguruan Tinggi yang mendapat kesempatan untuk memanfaatkan Laboratorium Kewirausahaan SMESCO untuk para mahasiswanya yang berminat untuk menjadi Wirausahawan muda. Tujuh Perguruan Tinggi tersebut antara lain adalah, Universitas Bakrie, Universitas BINUS, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Sampoerna School of Business, Universitas Jayabaya, dan Universitas Mercu Buana.

Acara talkshow dimulai pada pukul 10.00 WIB yang menghadirkan Bapak Ahmad Zabadi (Direktur LLP – KUKM), Bapak Adler Haymans Manurung (Dekan Sampoerna School of Business), dan Bapak Anto Suroto (pengusaha sukses UKM) sebagai pembicara dalam acara talkshow untuk para mahasiswa.

Pada sesi Tanya jawab yang dilakukan pada akhir acara talkshow, antusiasme mahasiswa Universitas Bakrie terlihat dengan adanya salah satu peserta yang ikut bertanya pada Bapak Ahmad Zabadi selaku pembicara pertama. Pertanyaan yang diajukan oleh Imam Agus Faizal (Teknologi Pangan – 2012) adalah:

“Dengan banyaknya Sumber Daya Alam yang ada di Indonesia, bagaimana peranan SMESCO untuk mendukung Sumber Daya Alam yang ada di daerah, dan bagaimana kompensasinya untuk masyarakat yang hidup di daerah tersebut?

Jawaban yang diberikan oleh Bapak Zabadi adalah:

“Peranan SMESCO dalam hal ini adalah untuk memfasilitasi produk UKM yang totally made in Indonesia untuk dipamerkan di SMESCO dan untuk dipasarkan di pasar local maupun pasar internasional. Dari keuntungan hasil penjualan produk UKM ini, masyarakat daerah tersebut akan mendapatkan uang bagi hasil keuntungan.”

 

Setelah acara talkshow untuk para mahasiswa yang hadir sebagai peserta, pada pukul 13.00 WIB acara dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) antara LLP – KUKM dengan tujuh perwakilan dari Perguruan Tinggi yang mendapat kesempatan untuk memanfaatkan Laboratorium Kewirausahaan di Gedung SMESCO sebagai sarana untuk memamerkan produk hasil wirausaha mahasiswa.

 

Perwakilan dari Universitas Bakrie yang diundang untuk menandatangani nota kesepakatan (MoU) antara LLP – KUKM dengan Universitas Bakrie adalah Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana selaku Rektor Universitas Bakrie. Akan tetapi, dikarenakan Ibu Sofia berhalangan untuk hadir, Bapak Boy Pasaribu selaku Kepala UBPreneur ditunjuk untuk mewakilkan Ibu Sofia dalam acara penandatanganan MoU.