UBpreneur

TIPS MANAJEMEN WAKTU BAGI PEBISNIS

User Rating:  / 0
PoorBest 

Menjadi seorang pebisnis tentu saja harus mempunyai wawasan yang luas, tanpa terkecuali dalam hal manajemen. Pasalnya, manajemen adalah hal penting yang tidak dapat dipisahkan dengan semua hal yang berhubungan dengan bisnis. Melalui sebuah manajemen yang tepat maka sebuah bisnis dapat berjalan sesuai dengan target dan mendapat keuntungan yang berlipat.

Beberapa diantaranya adalah membangun manajemen kepegawaian agar terbentuk sebuah tim yang solid. Selanjutnya mengatur kas perusahaan melalui manajemen keuangan yang baik serta manajemen waktu yang tepat hingga semua pekerjaan dapat berjalan sesuai target.

 Sebagai seorang pengusaha atau pebisnis, mempelajari manajemen waktu tentu saja menjadi hal yang mutlak. Dengan menjalankan manajemen waktu dengan baik maka seseorang akan menjadi seorang pengusaha yang profesional seiring dengan berjalannya waktu. Tidak hanya itu saja, para pebisnis yang berhasil menggunakan waktunya dengan tepat maka mereka tidak akan menemui kesulitan ketika menjalankan bisnis. Pasalnya, menerapkan manajemen waktu dengan baik akan membuat pebisnis semakin mudah dalam meraih kesuksesan.

Itu sebabnya, Anda sebagai pelaku bisnis juga perlu mengatur waktu menjadi seefektif mungkin.

1. Passion, jika Anda lakukan lebih awal atau lebih sering

Ada kalanya Anda hanya mengerjakan sesuatu hal tanpa mengetahui tujuan maupun manfaatnya. Salah satu alasannya mungkin karena itu bukan passion Anda sehingga Anda tidak mengerjakannya dengan sepenuh hati. Kini saatnya Anda mengubah semuanya, cobalah untuk mengetahui passion Anda sebelum memulai pekerjaan. Hal ini tentu saja akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari saat bekerja.

2. Mulailah hari Anda dengan sebuah to do list

Jika Anda termasuk dalam orang-orang yang sulit untuk mengatur waktu, menuliskan sebuah jadwal merupakan salah satu cara paling tepat yang dapat membantu Anda. Anda dapat menuliskan sebuah rentetan pekerjaan atau tanggungan apa saja yang harus Anda selesaikan saat itu juga. Hal ini akan membuat Anda menjadi disiplin dalam mengatur waktu ketika tahu bahwa Anda harus tetap bekerja dan menyelesaikan tugas tersebut.

3. Mempunyai cara alternatif

Setiap pekerjaan yang dirasa sulit dikerjakan dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya dapat Anda cari cara alternatifnya. Penting bagi Anda untuk mengetahui mana yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu dan harus selesai. Pada saat Anda mengalami kesulitan, Anda tidak boleh hanya diam. Namun, Anda harus mencari jalan keluar lainnya sehingga pekerjaan dapat terselesaikan tanpa mengganggu pekerjaan lainnya.

4. Jalani setiap kegiatan sesuai dengan aturan

Jika Anda ingin menjadi pengusaha yang mempunyai hidup lebih teratur, mempunyai banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas, berarti Anda harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Misalnya saja ada saat menghadiri meeting. Ikutilah aturan apa yang telah dibuat, seperti tidak datang terlambat dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dan tidak kehilangan banyak waktu untuk kegiatan yang lainnya.

Sebuah bisnis yang mempunyai jadwal yang baik akan dapat dengan mudah mencapai target sesuai dengan yang ditetapkan. Oleh sebab itu, jangan sampai waktu Anda dalam 24 jam terbuang sia-sia tanpa memperoleh hasil apapun. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

 Sumber : http://blog.taaonline.net/wp-content/uploads/2013/07/time_management.jpg