UBpreneur

TIPS MENGGALI IDE BISNIS KREATIF

User Rating:  / 0
PoorBest 

Menjadi seseorang yang selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam dunia bisnis merupakan hal mutlak yang dibutuhkan oleh pebisnis. Jika Anda tidak mampu untuk berpikir kreatif dan inovatif, maka cepat atau lambat para pesaing bisnis Anda pasti akan dengan mudah menggilas roda bisnis yang Anda jalankan. Memang bukan hal yang mudah untuk menjadi seseorang yang memiliki berbagai ide-ide cemerlang disertai dengan kreasi dan inovasi tanpa henti.

 

Tidak jarang gagasan atau ide bisnis yang bagus akan mudah muncul dan dapat menyelesaikan sebagian kecil dari masalah bisnis yang Anda jalankan. Namun, sebuah ide bisnis yang besar dan hebat justru sebaliknya, karena ide itu hanya sesekali saja bisa muncul dan jika tidak segera dieksekusi pun akan cepat lenyap ditelan oleh kesibukan Anda sendiri.

 Cara Menggali Kreativitas

Untuk menjadi seseorang yang memiliki banyak gagasan atau ide kreatif dan cermat dalam menggali sebuah ide bisnis maka dibutuhkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Nah, beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa terus menggali ide-ide bisnis yang hebat adalah sebagai berikut :

1. Jangan Terlalu Cepat Membuat Asumsi

Terlalu cepat dalam mengambil asumsi merupakan salah satu sikap malas berpikir. Dimana Anda tidak mau menunggu untuk mendapatkan semua informasi yang Anda perlukan untuk memperoleh sebuah kesimpulan yang benar. Jika Anda ingin menarik sebuah kesimpulan, usahakan Anda sudah mendapatkan banyak informasi. Kesabaran serta kemauan untuk mendapatkan banyak informasi merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menggali kreativitas.

2. Melihat Hal Dari Sudut Pandang Orang Lain

Bukalah pikiran Anda dan belajarlah untuk bisa menerima sudut pandang orang lain yang mungkin lebih valid, bukan hanya mengandalkan sudut pandang Anda sendiri. Anda boleh saja hebat, namun bisa saja orang lain memiliki banyak informasi yang belum pernah Anda dapatkan.

3. Menghindari Berpikir Plinplan

Beberapa orang mempunyai kecenderungan dari suasana hati yang sangat positif dalam waktu satu menit dan sangat negatif untuk waktu selanjutnya, semuanya tergantung pada apa yang dilihat di depannya. Pikiran naik turun tersebut biasa disebut dengan mood. Jika Anda tergantung pada mood, maka pikiran Anda tidak akan bisa bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, mulailah belajar untuk bisa berpikir tanpa harus dipengaruhi oleh mood yang tidak menentu.

4. Menghilangkan Kebiasaan Malas Berpikir

Kebiasaan malas berpikir dapat menjadi batu sandungan yang besar untuk bisa berpikir jernih. Jadi, jangan pernah berpikir bahwa segala sesuatu yang terjadi selalu dengan cara biasanya. Bisa saja untuk yang kali ini berubah. Ciri orang-orang yang malas berpikir adalah orang-orang yang selalu beralasan dengan “biasanya”.

5. Berpikirlah Untuk Diri Kita

Tahukah Anda bahwa jika kita sering menonton berita, ada beberapa pola pikir yang secara tidak sadar bisa kita terima. Media memang dipergunakan untuk membentuk sebuah opini. Nah, untuk itu janganlah pernah kita terbawa oleh opini publik dengan mudah. Mungkin Anda merasa hal itu sudah benar karena sudah menjadi opini umum, namun pernahkan Anda berpikir untuk hal yang berbeda? Berusahalah berpikir untuk diri sendiri, jangan hanya mengikuti pendapat orang lain. Jangan biarkan pendapat atau opini orang lain mempengaruhi kita untuk berpikir.

Teruslah berkarya dengan menggunakan segala kemampuan yang Anda miliki. Jangan pernah sia-siakan peluang-peluang bisnis di sekitar Anda, karena dari kalangan yang ada disekitar, Anda bisa memperluas jangkauan bisnis.

Sumber:  UMKM