UBpreneur

9 Aturan Kepemimpinan

User Rating:  / 0
PoorBest 

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah dan bisa menjadi sulit jika seorang pemimpin tidak memiliki keterampilan dalam memimpin. Setiap orang dalam bisnis saling terhubung dan mereka perlu bekerja sama dalam membangun bisnis tersebut agar tetap bertahan. Ketika seseorang tahu bagaimana memimpin dengan cara yang benar, mereka jauh lebih mampu untuk membuat sesuatu terjadi untuk diri mereka sendiri, karyawan, dan perusahaan mereka. Untuk menjaga bisnis agar tetap bergerak, berikut ini semibilan aturan kepemimpinan.

 1. Tarik, jarang mendorong

Anda tidak harus berada dalam posisi kepemimpinan untuk menjadi pemimpin. Apakah perusahaan Anda telah mengakui Anda sebagai seorang manajer, Anda mungkin masih memiliki banyak sifat-sifat kepemimpinan yang baik yang dapat Anda masukkan ke dalam praktek. Dalam rangka untuk melakukan itu, meskipun, hal terbaik adalah menjadi penarik, bukan pendorong. Dengan kata lain melakukan hal- hal yang dapat mendorong perusahaan maju kedepan maka otomatis Anda akan mengikutinya.Mereka akan jauh lebih mungkin untuk mengikuti Anda jika mereka melihat Anda melakukan sesuatu, bukannya disuruh melakukan sesuatu yang Anda tidak terlibat didalamnya.

2. Pisahkan isu dari orang-orang

Salah satu cara terbaik untuk menangani masalah adalah dengan mengingatkan orang-orang supaya tidak termakan oleh isu- isu yang tidak ada kebenarannya. Mengidentifikasi masalah dan tidak menghubungkan mereka dengan orang-orang tertentu adalah cara terbaik untuk memimpin, karena memungkinkan semua orang dalam situasi untuk mengambil langkah mundur dan fokus pada apa yang sebenarnya terjadi, tanpa memainkan “permainan menyalahkan” dan membuat orang lain menjadi penyebab masalah. Orang umumnya tidak penyebab masalah, tetapi mereka dapat membantu untuk datang dengan solusi yang dibutuhkan, dan yang dapat pergi jauh ke arah menjaga sebuah perusahaan yang bergerak maju.

3. Jangan menaikan nada suara Anda dan jangan agresif

Agresif bukanlah tanda kekuatan. Ini sebenarnya tanda kelemahan Anda. Dalam keadaan ini luangkan waktu Anda untuk menarik nafas dalam-dalam, berjalan kaki, dan menemukan sesuatu fokus lain untuk sementara waktu. Meninjau kembali masalah (dan orang-orang sekitarnya) setelah Anda sudah tenang untuk sementara waktu. Ketika Anda menunjukkan agresi, Anda kehilangan kontrol dan kekuatan dalam situasi, dan yang dapat berarti pengikut Anda akan berhenti mempercayai Anda dan menanggapi kepemimpinan Anda, yang dapat merusak seluruh perusahaan.

  4. Membantu setiap masalah

Ketika Anda benar-benar berencana untuk membantu orang-orang, Anda bisa mendapatkan lebih banyak dilakukan dan membuat orang untuk menanggapi usaha Anda. Memfokuskan upaya Anda pada orang di sekitar Anda, bukan pada diri sendiri, dan Anda akan lebih maju sebagai pemimpin. Tanyakan bagaimana orang lakukan, dan menyediakan mereka dengan beberapa minat yang tulus dalam hal-hal yang penting bagi mereka. Biarkan mereka tahu bahwa Anda peduli tentang mereka, dan bahwa kalian semua berada di ini bersama-sama.

Lihat apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka, dan mendengarkan mereka jika mereka datang kepada Anda untuk bantuan atau dengan pertanyaan. Ketika mereka mengerti bahwa Anda benar-benar dapat membantu mereka, dan bahwa Anda ingin membantu mereka, mereka akan menempatkan kepercayaan mereka pada Anda, dan memungkinkan Anda untuk memimpin mereka lebih mudah.

5. Ambil fokus Anda dari pendapatan

Jangan menghabiskan waktu Anda berfokus pada pendapatan. Kepuasan pelanggan Anda dan kebahagiaan karyawan yang Anda pimpin harus jauh lebih penting. Ketika Anda membuat hal-hal prioritas Anda, Anda akan menemukan bahwa pendapatan akan datang bersama dengan itu. Anda mungkin kehilangan uang dalam jangka pendek, namun dalam jangka panjang Anda akan berakhir membuat lebih banyak uang karena karyawan akan menikmati bekerja untuk Anda dan pelanggan akan seperti apa yang Anda tawarkan. Dengan mendapatkan lebih banyak pelanggan dan karyawan lebih bahagia, Anda akan melihat lebih banyak pendapatan, dan garis bawah yang lebih baik untuk perusahaan Anda.

6. Letakkan kepercayaan Anda pada orang

Mungkin ini adalah hal yang sangat sulit. Namun ini sangat berguna bagi Anda dan kemajuan perusahaan. Untuk itu pilihlah seseorang yang benar-benar dapat dipercaya secara penuh.

7. Atribut keberhasilan Anda

Pastikan Anda mengetahui orang-orang yang membantu Anda, dan mengambil kepemilikan masalah yang Anda miliki. Ketika Anda mencoba untuk menempatkan menyalahkan orang lain, Anda tidak menunjukkan diri Anda untuk menjadi pemimpin yang baik. Hal yang sama berlaku ketika Anda mencoba untuk mengambil semua kredit untuk sesuatu. Hindari baik dari hal-hal, dan fokus pada nilai dan pentingnya akuntabilitas.

8. Jadilah contoh

Jadilah seorang yang menjadi contoh. Ketika Anda bekerja keras, jujur, transparan, dan tetap berpegang pada jalan kebenaran, secara otomatis hal tersebut akan menjadi contoh untuk yang lainnya.

  9. Fokus pada warisan Anda

 Anda tidak tahu berapa lama Anda akan hidup, jadi jangan menunda hal-hal yang penting bagi Anda. Waktu adalah hal yang paling berharga yang Anda miliki, dan waktu yang terbatas. Lakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan, dan fokus pada apa yang penting. Cara Anda menghargai waktu Anda akan menyebabkan pengikut mengagumi Anda, dan melihat nilai dalam waktu mereka sendiri, juga.

 

Sumber: http://www.iskandarst.com/9-aturan-kepemimpinan/