UBpreneur

Jadi Pebinis Sukses itu Harus Apa Sih?

User Rating:  / 0
PoorBest 

Tidak ada jalan yang mudah untuk menjadi orang sukses. Termasuk menjadi seorang pebisnis sukses pun tidak ada yang mudah. Kamu bukan hanya harus punya niat dan tekad yang kuat, tapi jiwa yang tangguh harus lunas kamu miliki. Karena setelah itu ada banyak yang harus kamu miliki dan kerjakan untuk menjadi seorang pebisnis sukses.

Lalu apa sih yang sebenarnya seseorang harus lakukan untuk bisa menjadi pebisnis sukses? Begini beberapa pendapat diantara 100 entrepreneur yang kami wawancarai. 

1. Sadari kekuatan bisnis kamu dengan berfikir lebih kreatif

Tidak semua orang ditakdirkan menjadi orang suskes sejak lahir. Kita hanya ditakdirkan untuk memiliki tekad yang berbeda untuk bisa menjadi sukses. Nah, saat kita ingin memulai berbisnis, kita harus bisa melihat dan menyadari apa saja yang diri kita miliki dan diri kita tidak miliki. Saat kita tahu kita memiliki banyak kekurangan, itu artinya kita harus bisa berfikir dan bertindak lebih kreatif lagi.

“Berfikirlah menemukan sesuatu yang baru dalam bisnis, tidak sekedar menjadi follower dari bisnis yang sudah ada saat ini” Begitulah setidaknya yang diterapkan oleh Yudhi Dwinanto dalam membangun bisnis onlinenya. Baginya saat kita hanya mengikuti orang lain, kita tidak akan bisa berkembang. Itu sebabnya kita harus bisa menjadi diri sendiri dan bertindak lebih kreatif.

2. Jangan abaikan sumber daya yang ada di sekitarmu

Selain harus kreatif dalam menentukan ide dan model bisnis kamu, kamu juga harus bisa kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar kita. Karena selain bisa lebih “ngirit” modal, sumber daya di sekitar kita juga bisa membuat kita memiliki bisnis yang berbeda dari yang lain.

“Mulailah bisnis Anda dengan modal yang kecil, kreatif dalam memanfaatkan peralatan/benda-benda disekitar untuk menghasilkan produk yang baik/bagus”. Itulah salah satu kunci sukses dari seorang Diah Venita Daben, pemilik Minilovebites.com yang memulai bisnisnya dari kejelian dan kreativitasnya mengolah sumber daya yang ada disekitarnya.

3. Jangan khawatirkan passion yang belum kamu temukan, karena passion akan muncul saat kamu menikmati tugasmu

Ada kalanya kita disibukkan dengan pencarian passion terhadap sesuatu. Hingga kita lupa waktu kita terbuang dan justru membuat kita tidak melakukan banyak hal. Nah, untuk menjadi seorang pebisnis passion atau semangat bekerja memang harus selalu ada. Tapi sebenarnya kita juga bisa menemukan passion saat kita sudah mengerjakan pekerjaan kita.

“jangan terlalu memikirkan masalah passion, karena jika bisnis yang digarap bertumbuh dan menghasilkan itu akan memaksa kita menyukai bisnis tersebut dan lama kelamaan akan menjadi passion” Setidaknya itulah yang membuat seorang Dadan Darmawan sukses membangun Kucari.com. Passion bisa kita bangun saat kita sudah menjalani sesuatu dan menghasilkan hal yang baik.

4. Kamu wajib melakukan riset apapun itu

Dalam bisnis, riset merupakan sesuatu yang wajib. Entah bisnis online ataupun offline, kamu harus bisa melakukan riset baik dari produk yang ingin kamu jual sampai pasar mana yang akan membeli produk kamu. Tanpa riset, kamu akan mengalami kesulitan dalam produksi bahkan distribusi produk kamu. Kamu harus tahu siapa yang akan membeli produk kamu, dimana mereka, usia berapa saja mereka, pekerjaannya apa dan lain sebagainya.

5. Wawasan kamu harus jauh lebih luas lagi akan banyak hal

Selain melakukan riset dan mengetahui target pasar kamu, selanjutnya yang harus dimiliki oleh pebisnis sukses adalah ilmu atau wawasan yang luas. Wawasan ini bisa berupa bahan baku produk kamu, target pasar yang kamu tuju, Sampai strategi marketing yang akan kamu gunakan.

Knowledge ini bisa kamu dapatkan dari banyak sumber. Mulai dari buku, internet, sampai dengan narasumber di seminar – seminar yang kamu hadiri.

6. Kesuksesan sulit didapat saat kamu sukar untuk FOKUS

Bagi seorang Aditya Herlambang, menjadi seorang entrepreneur itu harus fokus dan pantang menyerah. Sesulit apapun rintangan saat kita sungguh – sungguh dan fokus mencari solusi, bisnis kita juga akan terselamatkan.

“Jangan cepat menyerah dan sebagai entrepreneur kita harus bisa focus. Sebuah perusahaan yang kecil memiliki resources atau sumber daya yang terbatas, oleh karena itu kita harus tau benar sumber daya tersebut mau difokuskan untuk apa. Ini adalah kunci kesuksesan dari sebuah startup” Begitulah setidaknya yang membuat ia dan temannya sukses membangun startup Shopious.com.

Nah, kamu yang sering susah fokus mengurus bisnis online, coba kami rekomendasikan untuk website toko online yang otomatis membantu para pemilik bisnis online. Dengan toko online instan, kamu bisa jauh lebih fokus mengurus setiap inci kebutuhan bisnis kamu, tanpa direpotkan dengan kegiatan mengurus website toko online.

7. Jatuh itu wajar, yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa bangun lagi

Nah, kalau yang ini saya rasa semua orang sudah tahu. Karena setiap bisnis tidak ada yang tidak pernah mengalami kegagalan. Tapi seornag pebisnis yang hebat adalah mereka yang tidak takut ketika jatuh dan berani bangun lagi untuk memperbaiki bahkan memulai lagi. Ini penting juga untuk bisnis yang didirikan oleh anak muda. Dengan semangat menggebu, tidak jarang mereka juga mudah untuk menyerah.

Bagi Detty Wulandari, “Be prepared to fail again and again, AND AGAIN, in the name of solving problems. The money will eventually come when you actually solve the problems” Ini yang bahkan menjadi pedoman baginya membangun Brandclozet.com.

8. Pebisnis sukses itu harus punya network yang luas dimanapun itu

Menjadi seorang pebisnis tidak cukup jika hanya modal, produk, pembeli dan laporan bisnis. Sebuah bisnis bahkan pemilik bisnis harus aktif dan mau “capek” mencari koneksi untuk dirinya dan juga untuk bisnisnya. Mereka harus jeli melihat peluang mana yang bisa menambah network atau jaringan mereka.

Pebisnis biasanya memanfaatkan forum, komunitas dan juga event untuk menjaring banyak entrepreneur atau yang lainnya untuk menjadi network mereka. Bagi pemilik toko online Wangsajelita.com, kita harus tahu ini.“This entrepreneurial path is difficult. It is ridiculously difficult. Karena itu, penting untuk selalu punya support system, lingkungan yang isinya sesama entrepreneur, supaya bisa tukar pengalaman dan tidak merasa sendirian ketika berhadapan dengan masalah”

9. Kamu harus punya prinsip “DUIT” dalam menjalankan bisnis

Uang ataupun duit sangat erat kaitannya dengan sebuah bisnis. Tapi lain dengan DUIT yang satu ini. Bagi seorang Sri Nurul Hidayah, pemilik Kamehashop.com, sebuah bisnis itu harus menguasai DUIT:

Ketika memulai usaha, Anda tidak perlu pendanaan. Yang paling diperlukan adalah “DUIT”.

“D” = Do / kerjakan saja. Tidak usah mengharap kondisi ideal dulu, karena kondisi ideal akan tercipta dengan sendirinya.

“U” = Usaha halal. Apapun usahanya, kalau halal Insya Allah berkah dan lancar.

“I” = Istiqomah atau konsisten. Jangan mudah pindah haluan.

“T” = Thanking God alias bersyukur. Apapun hasil yg diperoleh. Baik untung maupun rugi. Karena dalam rugi pun kita masih mendapatkan keuntungan berupa pengalaman yang akan menghindarkan kita dari kerugian di kemudian waktu.

10. Ambil resiko dalam setiap tindakan dan lakukan perbaikan untuk setiap kesalahan

Nah yang terakhir adalah yang selalu disampaikan oleh pakar bisnis, pebisnis sukses dan bahkan motivator. Dalam hidup tidak mudah bagi kita melakukan dan mengharapkan sesuatu sesuai dengan keinginan kita. Itu juga berarti kita memiliki resiko di setiap yang kita kerjakan.

Bagi seorang Dion Perdana Putra pemilik dari Jogjakulit.com, “berani untuk mengambil resiko dalam bisnis itu penting, karena dibalik resiko tersebut ada hal baru yang kita pelajari”.

Nah, Begitulah yang setidaknya harus dimiliki oleh sebuah bisnis. Banyak hal sebetulnya yang sudah disampaikan oleh para pebisnis sukses ini. Tapi mari sekarang kita coba lihat yang ini dulu. Koreksi dan segera perbaiki. 

 Sumber: http://mediabisnisonline.com/jadi-pebinis-sukses-itu-harus-apa-sih/