UBpreneur

6 Tips Komunikasi Enterpreneur Muda

User Rating:  / 0
PoorBest 

Menjalin komunikasi dalam bisnis tentu sangat dibutuhkan. Selain untuk mendapatkan network yang banyak, juga bisa mempermudah dalam melakukan promosi produk yang dimiliki. Biasanya para enterpreneur ini mengikuti dan datang pada suatu acara seperti halnya workshop, seminar dan pertemuan lainnya.

Tidak sulit bagi enterpreneur yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis dan memiliki banyak rekan untuk berkomunikasi. Tetapi mungkin berbeda dengan para enterpreneur muda yang tidak jarang merasa kesulitan dalam menjalin komunikasi dengan enterpreneur lain yang bisa saja usianya jauh diatas mereka. Untuk mencoba membantu problem komunikasi enterpreneur muda ini, berikut saya coba bantu dengan tips komunikasi untuk enterpreneur muda:

  1.  Pahami tujuan: Sebelum berkomunikasi dan bergelut dengan banyak orang dalam suatu komunitas, perlu kiranya kita menentukan terlebih dahulu tujuan kita dalam mengadakan dan menjalin komunikasi didalam suatu kelompok atau komunitas. Pengusaha muda bukan berarti tidak bisa dengan mudah masuk ke semua golongan. Tetapi tetapkan terlebih dahulu tujuan dari komunikasi tersebut. Ingin hanya sekedar mengenal, meminta kartu nama, bertukar nomor telepon dan email atau bahkan sampai ke promosi produk. Dari sini kita akan tahu apa yang harus kita lakukan dan menentukan tindakan komunikasi selanjutnya.
  2.  Mengerti diri sendiri :Gejolak kawula muda yang terus ingin memiliki banyak teman di berbagai tempat dan waktu membuat ingin selalu melakukan banyak cara untuk mendapatkan perhatian. Tapi tidak ketika kita coba menjalin komunikasi untuk urusan bisnis. Kita terlebih dahulu harus tahu bagaimana karakter diri kita, apa yang kita butuhkan ketika ingin berkomunikasi dengan orang baru yang bergelut di bidang bisnis. Setelah kita mencoba memahami diri kita dan apa yang kita butuhkan, barulah kita bisa mulai menjalin komunikasi dengan cara yang bisa nyaman untuk diri kita dan lawan bicara kita.
  3. Membaca lingkungan sekitar: Setelah kita memahami diri sendiri, kita juga harus mencoba melihat dan memahami kondisi lingkungan sekitar kita, terlebih lingkungan dimana kita akan menjalin sebuah komunikasi bisnis. Kita bisa menjalin komunikasi lebih akrab dengan orang yang seusia atau lebih usianya daripada kita, jika kita bisa membaca dan memahami lingkungan komunikasi kita. Dengan memahami lingkungan, sebagai enterpreneur muda kita juga tidak akan kesulitan dalam mempromosikan dagangan kita, karena kita juga sudah tahu terlebih dahulu apakah lingkungan tersebut cocok atau tidak dengan produk kita
  4.  Memiliki agenda: Tidak semua acara pertemuan, seminar ataupun workshop yang kita ikuti sama dengan acara yang lain. Ada kalanya kita harus mencoba berbagai cara komunikasi untuk bisa mendapatkan network yang baru dan banyak. Salah satunya yaitu dengan membuat sedikit agenda kecil. Agenda tersebut bisa meliputi, apa sebenarnya tujuan Anda mengikuti acara tersebut? apakah nantinya Anda akan menemui pelaksananya atau salah satu pendiri dari acara tersebut? apakah Anda akan mencari tahu satu persatu siapa yang datang agar lebih mudah berkenalan? atau Anda akan dengan spontan berkenalan dengan peserta acara tersebut? Ini nantinya akan membantu Anda dalam proses mengikuti acara tersebut, hingga mencapai komunikasi yang Anda inginkan.
  5.  Mencatat: Meskipun saat ini sudah dengan mudah kita mendapatkan informasi mengenai nama, alamat, email, telepon dan lain sebagainya tentang orang – orang penting, tapi tidak ada salahnya kita juga mencatat beberapa hal penting lainnya. Ini juga dibutuhkan ketika Anda tidak mampu untuk mengingat satu persatu orang yang mengajak Anda berkenalan dan berkomunikasi dengan Anda. Jika Anda sempat untuk meminta dan bertukar kartu nama, itu mungkin jauh lebih baik. Tapi tidak ada salahnya Anda lebih menjalin komunikasi dan keakraban melalui beberapa pertanyaan yang kemudian Anda catat. Ini akan membantu Anda dalam menentukan proses promosi bisnis Anda dikemudian hari.
  6.  Menindaklanjuti: Berkomunikasi saja tidak cukup, pun jika hanya sekedar bertanya nama, alamat dan informasi lainnya. Penting bagi kita terus menjalin komunikasi dan keakraban dengan lawan bicara kita saat itu. Kita bisa terus berkomunikasi lewat telepon, email atau bahkan bertemu langsung. Ini akan membantu kita juga dalam mempromosikan produk ke mereka. Menindaklanjuti juga dibutuhkan ketika mereka langsung memesan ataupun meminta penawaran produk Anda. Ini menjadi peluang yang besar, maka jangan pernah abaikan ini. Dari setiap catatan yang pernah Anda buat mengenai lawan bicara Anda, itu bisa membantu Anda dalam menindaklanjuti permintaan.

Sumberhttp://penulis-elex.blogspot.com/2014/03/6-tips-komunikasi-enterpreneur-muda.html?