UBpreneur

Sukses Enggan Menghampiri Wirausahawan Yang Melakukan Hal-hal Ini

User Rating:  / 0
PoorBest 

Sukses Wirausaha Saat bicara tentang pertandingan sepak bola, pemilu atau perjalanan usaha, kita tahu, disana akan muncul satu pihak yang jadi pemenang dan ada pihak lain yang mengalami kekalahan.

Menang atau kalah adalah sebuah kondisi yang tak bisa dihindari dalam usaha untuk mendapatkan sebuah kesuksesan. Walaupun begitu, ada banyak hal yang bisa kita upayakan untuk memaksimalkan peluang meraih kesuksesan, juga ada banyak hal yang bisa kita pelajari untuk meminimalisir kemungkinan kita menjadi pihak yang gagal. Ingin mempermudah jalan meraih kesuksesan? Anda bisa memulai dengan tidak melakukan hal-hal dibawah ini karena sukses enggan menghampiri wirausahawan yang melakukan hal-hal ini:

1. Iri hati dan cemburu

Melihat orang lain disekitar anda sukses seharusnya jadi motivasi, bahkan walaupun itu adalah pesaing. Anda harus pahami bahwa siapapun punya kemampuan untuk jadi seorang pemenang atau sukses. Sibuk mencari sisi negatif dari kesuksesan orang lain malah akan buang waktu dan membuat anda tidak fokus pada kemajuan usaha anda sendiri.

2. Melihat ke belakang

Anda akan menghadapi masa sulit saat harus menentukan keputusan-keputusan yang paling tepat dan ternyata melakukan kesalahan. Jangan biarkan kesalahan tersebut mengganggu kemajuan anda untuk terus melangkah maju. Cari cara untuk bermanuver atau melakukan improvisasi untuk memperbaiki kesalahan dan terus maju. Jangan melihat kebelakang.

3. Pintar mencari alasan

Bila anda melakukan kesalahan dan berakibat pada sebuah kegagalan proses, akuilah. Bila suatu rencana tidak berjalan sebagaimana yang anda perkirakan, jangan mencari alasan atau dalih pembenaran diri tapi carilah sumber masalah, pelajari lalu perbaiki. Kelak bila anda menemukan kondisi yang sama, maka anda telah memiliki solusi yang tepat untuk mengatasinya. Bila selalu mencari alasan pembenaran untuk menutupi kesalahan, anda akan terus melakukan hal tersebut tanpa pernah menemukan solusi untuk memperbaikinya.

4. Berhenti Belajar

Usia, saratnya pengalaman atau level sukses seseorang seharusnya tidak menjadi alasan untuk berhenti belajar. Tidak ada seorangpun di planet ini yang mengetahui segala hal. Kita harus terus belajar dari orang lain, siapapun itu, entah dari seorang milyuner ternama atau seorang wirausahawan yang baru memulai usahanya.

5. Bergaul dengan orang yang beraura negatif

Orang dengan sifat yang suka cari alasan, komplen pada banyak hal dan sering mengeluhkan banyak hal adalah ciri orang yang negatif. Bergaul dengan orang-orang ini tidak akan membuat anda maju, justru aura negatif mereka akan menular pada anda. Bergaullah dengan orang-orang yang punya motivasi tinggi dalam hidupnya, kreatif dan optimis.

6. Tidak punya planning

Manajemen waktu adalah bagian penting dari seorang pengusaha. Hanya ada beberapa jam sehari yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak aktifitas. Anda wajib melakukan perencanaan tentang apa saja yang harus dilakukan sehingga waktu yang ada menjadi efisien dan efektif. Luangkan waktu untuk membuat jadwal dan tugas-tugas yang harus dilakukan setiap hari sehingga semuanya dapat diselesaikan sesuai rencana.

7. Takut membuat perubahan

Anda harus berani mengubah rencana dan strategi bisnis, bila meihat ada peluang baik yang bisa anda manfaatkan dimasa depan dan siap beradaptasi demi mencapai kesuksesan. Bayangkan bila Apple tak pernah beradaptasi membuat ipod, iphone, tablet, lalu akan muncul produk berikutnya yaitu Apple Watch. Mungkin hingga kini kita hanya mengenal Apple sebagai pembuat komputer saja, bukan sebagai salah satu perusahaan pencipta smartphone canggih dan produk-produk elektronik terkemuka di dunia.

8. Banyak Berharap

Wirausahawan yang sukses tidak duduk, mengatur orang-orang lalu duduk kembali di dalam ruangan. Mereka merencanakan, mengawasi pekerjaan dan ikut larut dalam ritme pekerjaan. Tidak ada yang akan didapat bila hanya dengan berharap saja. Wirausahawan yang akan sukses adalah yang mereka ikut menjemput harapannya dengan terlibat langsung dalam upaya menaklukkan hambatan-hambatan demi menemukan jalan menuju kesuksesan.

9. Fokus mengejar uang

Tidak bisa dipungkiri, tujuan berwirausaha tentunya adalah menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin. Namun bila anda hanya fokus dalam mengejar uang saja, maka usaha anda tidak akan mampu bertahan lama. Fokuslah pada membuat layanan terbaik, menciptakan produk terbaik, adaptasi pada inovasi-inovasi baru yang akan banyak bermanfaat dimasa depan, dengan demikian maka uang yang otomatis akan mengikuti anda kemanapun anda melangkah, sejauh apapun anda pergi.

10. Membiarkan kegagalan menghentikan usaha

Kebanyakan statistik mengatakan bahwa 8 dari 10 bisnis yang baru telah gagal. Semua pengusaha paham bahwa ada kemungkinan gagal dalam menjalankan usahanya. Namun hanya pengusaha sukses yang paham bahwa kegagalan adalah bagian dari pertumbuhan usaha, oleh karena itu mereka akan terus berusaha dan tak membiarkan kegagalan menghalangi usaha mereka.