UBpreneur

36 Cara untuk Memotivasi Karyawan Anda

User Rating:  / 0
PoorBest 

 Artikel ini ditulis oleh Bryan J. Zaslow, Founder / President / CEO dari JBCStyleJBCconnect / JBCPlatform. JBCStyle adalah sebuah full-service recruiting agency dengan fokus utama pada industri fashion, beauty, action & sports, retail dan home industries. JBCconnect adalah perusahaan penyedia creative staffing. JBCPlatform adalah perusahaan penyedia temporary staffing untuk berbagai macam industri seperti hospitality, catering, administrative, dsb.

 An employee who enjoys coming to work is a worthy investment.

Pekerjaan yang bagus memang sulit ditemukan, namun setiap entrepreneur tahu bahwa karyawan yang bagus lebih sulit lagi untuk dipertahankan. Seorang entrepreneur harus memastikan perusahaannya memiliki karyawan yang lebih mementingkan pekerjaannya lebih daripada gajinya.

Selama bertahun-tahun, saya merasa mudah untuk memotivasi karyawan, yang perlu saya lakukan hanya menjadi leader yang layak untuk diikuti dan memberikan pekerjaan yang bernilai untuk dikerjakan. Namun setelah hampir 7 tahun berada di perusahaan, Saya masih mencari cara-cara baru untuk mempertahankan produktivitas dan memberikan setiap individu hal yang mereka perlukan untuk melakukan yang terbaik.

Inilah cara-cara yang saya lakukan :

1. Mendukung ide-ide baru

Ketika seorang karyawan datang kepada Anda dengan sebuah ide atau solusi untuk suatu masalah yang mereka percaya baik bagi perusahaan, itu tandanya mereka peduli. Mendukung ide-ide baru dan memberikan masing-masing individu kesempatan untuk menjalankannya adalah sebuah motivasi, meskipun pada akhirnya ide tersebut tidak berhasil

2. Berikan wewenang pada setiap individu

Setiap individu berkontribusi pada bottom line perusahaan. Membuat mereka mempunyai peran dalam pekerjaan mereka, besar atau kecil, akan membuat mereka mempunyai ‘sense of ownership’ yang akan membuat mereka mempunyai performa yang melebihi ekspektasi.

3. Jangan biarkan mereka bosan

Saya mudah merasa bosan, jadi saya berasumsi bahwa karyawan saya juga mempunyai short attention span. Seperti kontes membuat cupcake, merencanakan happy hour, membuat kontes push-up di tengah-tengah kantor pada hari rabu, atau membiarkan orang yang berbeda untuk menjalankan meeting mingguan supaya tidak monoton.

4. Rayakan setiap momen penting

Sekitar 7 tahun lalu, ketika perusahaan hanya mempunyai kurang dari 10 karyawan, kami merayakan ulang tahun setiap karyawan, work anniversary, pertunangan, dan juga kejadian-kejadian penting pribadi mereka. Sekarang, sebagai perusahaan yang mempunyai lebih dari 100 karyawan, kami masih merayakan kejadian-kejadian penting tersebut.

5. Mengenali setiap pencapaian professional mereka

Setiap orang ingin diakui kehebatannya. Pengakuan dan pujian dari para manajer tingkat atas atau owner dari perusahaan akan sangat berarti bagi seorang karyawan, lebih dari yang Anda bayangkan.

6. Dengarkan mereka

Ini mungkin adalah hal termudah dan juga kadang tersulit  yang dapat Anda lakukan untuk karyawan Anda. Meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk mendengarkan ide karyawan Anda tidak hanya membuat mereka senang, namun juga akan memberikan Anda wawasan lebih pada bisnis Anda dari orang-orang yang membantu Anda menjalankannya.

7. Mendorong adanya persaingan yang sehat

Lingkungan yang kompetitif merupakan lingkungan yang produktif. Mendorong karyawan untuk berpartisipasi pada kompetisi atau tantangan merupakan hal yang sehat dan bahkan akan meningkatkan persahabatan.

8. Luangkan waktu Anda

Meskipun Anda mempunyai jadwal yang sangat padat, Anda perlu meluangkan sedikit waktu, mungkin beberapa menit setiap harinya untuk mengobrol dengan karyawan Anda. Meskipun mungkin hal tersebut tidak ada di kalender jadwal Anda.

9. Memberikan reward pada suatu pencapaian

Jika menepuk pundak atau melakukan tos tangan tidak cukup, Anda dapat memberikan insentif keuangan akan membuat mereka terkesan atau intangible reward seperti training yang valuable.

10. Buatlah sasaran yang dapat dicapai

Membuat sebuah target adalah hal yang penting, namun memastikan bahwa sasaran yang dibuat tidak terlampau tinggi akan membantu Anda menentukan tercapai atau tidaknya target pada evaluasi akhir tahun.

11. Berikan pengakuan pada mereka yang berhak mendapatkannya

Meskipun para karyawan datang ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah ditetapkan untuk mereka, jika mereka melakukannya dengan baik, hal itu juga merupakan sebuah pencapaian. Beri tahu semua orang di perusahaan tentang kerja keras mereka.

12. Dorong mereka untuk menjadi dirinya sendiri

Setiap orang tidaklah sama. Mendorong berkembangnya kepribadian setiap orang akan menciptakan kultur yang dinamis dan beraneka ragam. Selain itu juga akan tercipta lingkungan kerja yang lebih terbuka dan dapat menerima perbedaan. Kami mempunyai banyak karakter orang disini di JBC, semakin banyak semakin meriah.

13. Jadilah leader yang layak untuk diikuti

Ini adalah hal yang pasti saya lakukan. Jika karyawan saya tidak menilai saya sebagai pemimpin yang layak, bagaimana saya bisa mengharapkan mereka untuk percaya

14. Berikan contoh

Berikan sebuah contoh, atau mungkin 2 atau 3 contoh. Saya tidak dapat mengharapkan karyawan saya untuk melakukan suatu hal jika saya tidak melakukannya juga. Saya selalu bertanya pada diri saya apakah ekspektasi saya untuk karyawan saya sebanding dengan ekpektasi yang akan saya tetapkan untuk diri saya sendiri.

15. Buatlah segala sesuatu menjadi menarik

Melakukan hal-hal kecil dengan berbeda atau melakukan sedikit hal-hal gila atau tidak jelas dapat mencairkan suasana kerja.

16. Mendorong untuk belajar skill baru

Waktu terus berjalan. Memastikan bahwa setiap karyawan mendapatkan kesempatan untuk belajar ilmu baru atau memperbarui ilmu lama akan menguntungkan semua orang yang terlibat di dalamnya.

17. Mengenali kelebihan masing-masing karyawan

Kemampuan untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari karyawannya adalah bakat yang harus dikuasai setiap entrepreneur.

18. Membuat hubungan yang lebih personal

Ini memang merupakan hal yang cukup tricky, karena ada suatu batasan yang tidak boleh kita lewati. Namun, menunjukkan kepedulian dan ketertarikan pada kehidupan masing-masing karyawan akan cukup berguna.

19. Buatlah sebuah jenjang karir yang jelas

Mengetahui apa yang akan dicapai kedepannya adalah motivasi yang utama. Karyawan yang telah mempunyai jalan untuk mencapai promosi, akan bekerja menuju target itu. Hal ini akan meningkatkan komitmen para karyawan.

20. Membuat sebuah tradisi

Acara Thanksgiving tahunan kami sangat ditunggu-tunggu hingga beberapa karyawan membatalkan liburannya untuk berpartisipasi. Setiap musim liburan, kami mengadakan acara “toy drive” untuk sekolah-sekolah di Bronx. Karyawan-karyawan di US terbang ke sana untuk ikut berpartisipasi. Maka, mulailah sebuah tradisi dan terus lakukan.

21. Kenali tim Anda secara individu

Setiap orang berbeda, namun ada beberapa orang yang sangat berbeda sehingga mereka butuh management style yang lebih personal. Memahami karyawan Anda secara individual adalah satu-satunya cara untuk mengelola mereka secara efektif.

22. Miliki pikiran yang terbuka

Saya tetap terbuka pada ide-ide baru dan metode-metode baru. Segala sesuatu yang baru patut dieksplorasi dan dipertimbangkan.

23. Miliki kesabaran

Entrepreneur cenderung hanya tertarik pada hasil. Kesabaran akan mencegah Anda untuk berekspektasi terlalu awal dan terlalu tinggi, sehingga akan membuat karyawan untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik.

24. Rangkul perubahan

Melawan perubahan lebih sulit daripada merangkul perubahan. Saya telah mengalami hal tersebut baru-baru ini dalam hal media sosial dan hidup di jaman digital. Saya juga mendorong karyawan saya untuk melakukan hal yang sama.

25. Membuat lingkungan kerja yang positif

Tidak ada tempat untuk pikiran negatif untuk mencapai kesuksesan. Sebuah lingkungan kerja yang positif merupakan cerminan dari pemimpin yang positif.

26. Mengembangkan kreativitas

Lingkungan yang kreatif adalah lingkungan yang mudah berkembang. Doronglah kreativitas, buatlah “thinking out of the box” menjadi kewajiban, dan lihatlah bisnis Anda berkembang

27. Mengijinkan mereka membawa hewan peliharaan

Dua anjing saya datang ke kantor setiap hari, dan semua karyawan saya dibebaskan untuk membawa hewan peliharaan mereka ke tempat kerja. Hewan peliharaan dapat membuat orang-orang merasa senang dan membawa rasa persahabatan ke kantor.

28. Buatlah ekspektasi yang jelas

Tentukan ekspektasi atau harapan yang jelas, sehingga Anda dapat menetapkan hasil yang spesifik.

29. Buatlah karyawan merasa memiliki perusahaan

Kesuksesan suatu bisnis berada pada ‘ownership’. Ketika karyawan merasa mereka mempunyai investasi di perusahaan, produktivitas akan meningkat.

30. Mempromosikan kesatuan

Setiap karyawan perlu untuk mampu berdiri sendiri, namun mampu untuk bekerja dalam tim juga sama pentingnya. Mempromosikan kesatuan akan membantu karyawan untuk mencapai sasaran individual dan tim.

31. Membuat mereka tertawa

Tertawa adalah hal yang menular, jadi bantulah menyebarkan kebahagiaan.

32. Jadilah fleksibel

Segala sesuatu tidak berakhir sesuai yang direncanakan, namun jika karyawan melihat Anda cukup terbuka dan berlapang dada untuk mengikuti alur, ketegangan akan menurun dan produktivitas akan tetap konstan.

33. Tawarkan insentif

Mengetahui akan adanya hadiah $500 atau mendapatkan hari libur tambahan akan membuat mereka lebih terdorong untuk mencapai target.

34. Berikan keseimbangan pada waktu kerja

Sebuah lingkungan kerja yang hidup memang baik, namun menjaga keseimbangan antara waktu kerja dan refreshing juga penting untuk mempertahankan tingkat produktivitas dan juga kesehatan jiwa para karyawan.

35. Sambutlah dengan terbuka metode-metode baru

Seperti yang kita tahu, jaman digital telah merubah banyak hal pada hidup kita. Merangkulnya daripada menghindarinya akan lebih baik. Metode-metode baru akan memastikan bisnis Anda dan para karyawan tetap

36. Berikan mereka alasan untuk datang bekerja setiap hari

 

Datang bekerja setiap hari dan kesiapan untuk melampaui ekspektasi, membutuhkan semangat juang yang tinggi untuk mencapainya.

sumber :http://startupbisnis.com